Jumat, 15 November 2013

Gerbang Logika Dasar


Gerbang Logika Dasar
  1. TUJUAN
Dengan adanya praktikum ini mahasiswa diharapkan dapat :
1.      Mengetahui jenis-jenis gerbang logika beserta fungsinya. Mahasiswa juga diharapkan dapat membedakan antara gerbang AND, OR, NAND, NOR, NOT  dan mampu membedakan fungsi dari salah satu gerbang tersebut.
2.      Menjelaskan sifat dan cara kerja dari gerbang logika dasar AND, OR, NOT, NAND dan NOR.
3.      Menerapkan NAND Gate sebagai Universal Gate yang dapat membentuk dan mempunyai sifat sebagai gerbang logika dasar.
  1. PENDAHULUAN
AND Gate : Output dari AND Gate akan berada pada keadaan logic 1, jika semua inputnya berada pada keadaan logic 1. Dan Output akan berada pada keadaan logic0, apabalia salah satu inputnya atau lebih berada pada keadaan logic 0. AND Gate dapat digambarkan sebagai rangkaian saklar yang tersambung seri, dimana lampu akan menyala apabila semua saklar dalam kondisi ON.
OR Gate : Output dari OR Gate akan berada pada keadaan logic 0, jika semua inputnya berada pada keadaan logic 0, Dan Output akan berada pada keadaan logic 1, jika salah satu inputnya atau lebih berada pada keadaan logic 1. OR Gate ini dapat digambarkan sebagai rangkaian saklar yang tersambung secara parallel. Dimana lampu akan menyala jika salahsatusaklar atau semua saklar dalam posisi ON.
NOT Gate : Output dari NOT Gate akan selalu berlawanan dengan keadaan inputnya. Bila inputnya dalam keadaan logic 0 maka outnya akan berlogik 1. Bila inputnya berada pada keadaan logic 1 maka Outputnya akan berlogik 0. Karena memiliki sifat yang demikian maka NOT Gate biasa disebut juga sebagai Inverter atau pembalik keadaan.
NAND Gate : NAND Gate dan NOR Gate digunakan secara luas dalam rangkaian digital. Gate-gate ini sesungguhnya adalah kombinasi operasi-operasi dasar AND, OR dan NOT.
NOR Gate : Operasi dari NOR gate adalah ekivalen dengan OR Gate yang diikuti dengan inverter gate. NoR Gate dapat juga dibentuk dari AND Gate yang inputnya diberi Inverter, Sedangkan NAND Gate dapat dibentuk juga dari OR Gate yang Inputnya diberi inverter.
Universal Gate : NAND Gate disebut juga sebagai Universal Gate karena gate-gate dasar yang lain seperti AND, OR, NOT, NOR, EX-OR dan EX-NOR dapat dibentuk dari NAND Gate
  1. ALAT/BAHAN YANG DIGUNAKAN :
1.      Catu Daya DC 5 Volt
2.      LED, Jumper secukupnya
3.      IC TTL tipe : SN 7408 (AND Gate)
4.      IC TTL tipe : SN 7432 (OR Gate)
5.      IC TTL tipe : SN 7404 (NOT Gate)
6.      IC TTL tipe : SN 7400 (NAND Gate)
7.      IC TTL tipe : SN 7402 (NOR Gate)

  1. LANGKAH PERCOBAAN :
Lakukanlah percobaan satu demi satu dimulai dengan AND Gate, selanjutnya OR gate, NOT Gate, NOR gate selanjutnya Universal gate.
1.         Memahami  IC-IC yang akan digunakan.
2.         Menghubungkan power supply dengan tegangan 220 volt.
3.         Menghubungkan terminal Vcc dari semua modul yang digunakan pada terminal +  5 Volt dari power supply.
4.         Menghubungkan terminal GND dari semua modul yang akan digunakan pada terminal GND dari power supply.
5.         Menghubungkan terminal input dari masing-masing gate ke terminal input ( A dan B)
6.         Menghubungkan terminal output dari gate ke indicator LED
7.         Memberi logic input sesuai dengan tabel, dan mengamati outputnya. Jika LED menyala berarti logic tinggi (1), jika LED padam berarti logic rendah (2).
8.         Mengulangi langkah 1 sampai dengan 7 untuk logika  untuk loigika OR, NOT, NAND dan NOR.
9.         Membuat Gerbang dasar (AND, OR, NOT, NOR) dengan menggunakan Universal Gate dan memberi masukan secara manual.
10.     Membuat kesimpulan.

  1. GERBANG RANGKAIAN
1.   AND Gate

Gambar 1. gerbang AND Gate ( IC 7408)
Input
output
A
B
Y
0
0
0
0
1
0
1
0
0
1
1
1

Tabel  Kebenaran Gerbang AND Gate
2.      OR  Gate

Gambar 2. gerbang OR  Gate (IC 7432)
Input
Output
A
B
Y
0
0
0
0
1
1
1
0
1
1
1
1






Tabel   Kebenaran Gerbang OR Gate

3.      NOT  Gate

Gambar 3. gerbang NOT  Gate (7404)
Input
Output
A
Y
0
1
1
0

Tabel  Kebenaran Gerbang NOT Gate
4.      NAND  Gate

Gambar  4. gerbang NAND Gate (IC 7400)
Input
Output
A
B
Y
0
0
1
0
1
1
1
0
1
1
1
0

Tabel kebenaraan Gerbang NAND Gate




5.      NOR Gate

Gambar 5. gerbang NOR Gate (IC7402)
Input
Output
A
B
Y
0
0
1
0
1
0
1
0
0
1
1
0

Tabel Kebenaran Gerbang NOR Gate
  1. Analisa Data
Dari data diatas dapat di katakana bahwa pada gerbang logika AND akan mengeluarkan output bernilai 1 jika kedua ouput bernilai 1. Hal ini kebalikan dari gerbang OR yang akan bernilai 0 jika kedua inpunya bernilai 0.
            Pada gerbang NOT  hanya mempunyai input satu, karena itu gerbang ini hanya berfungsi membalikan keadaan dari input. Jika input bernilai 1 maka outputnya bernilai 0, dan jika inputnya bernilai 0 maka outputnya bernilai 1.
            Untuk gerbang NAND dan NOR sebenarnya adalah gebang AND dan OR yang di tambah gerbang not setelahnya. Jadi hasilnya pun berkebalikan. Pada gerbang NAND outputnya bernilai 0 jika kedua input 1. Pada OR outputnya akan bernilai 1 saat kedua inputnya 0.

  1. KESIMPULAN
  Dari praktikum gerbang logika dasar tersebut, maka kita dapat mengetahui cara kerja dari masing-masing gerbang logika dan juga karateristik dari komponen yang kita gunakan. Dari berbagai gerbang yang telah dipelajari dalam bentuk IC dapat kita ketahui mana saja yang termasuk TTL dan digunakan sebagai gerbang logika.

0 komentar:

Posting Komentar